KECERDASAN BUATAN RANGKUMAN 4,5,6,7

 

Blind (Uninformed) Search

Secara garis besartebagimenjadi:

  • Breadth-First Search (BFS)
  • Depth-First Search (DFS)
  • Depth-Limited Search (DLS)
  • Iterative-Deepening Search (IDS)
  • Uniform Cost Search (UCS)
  • Bi-Directional Search (BDS)

Ruang Pencarian

>Perhitunganruangpencarian:

- Faktorpercabangan (b)

- Kedalamansolusi (d)

>Contoh

- 8-Puzzle → b 2.13

- Kubus Rubik → b 13,34

- Rata-rata PermainanCatur b = 35

Breadth-First Search (BFS) Algorithm

>Menjelajahi node tetanggaterlebihdahulu, sebelumpindahketetanggatingkatberikutnya. 

> first-in-first-out

>Ingatsemua node yang dikunjungisebelumnya (status)

Kinerja BFS

>Selesai

- pada akhirnyaakanmenemukan status kambing

> Optimal

>Kompleksitas Waktu = 0 (bd + 1)

>Kompleksitas Ruang = 0 (bd+1)

Algoritma DFS

>Perluas node terdalam yang tidakdiperluas

>terakhir-masuk-pertama-keluar

>Hanyaingatjalur yang dikunjungisaatini

>Penundaanmemeriksaapakah node telahditemukansampai node munculdaritumpukandaripadamemeriksasebelummenambahkan node.

Performa DFS

>TidakLengkap

- mungkintersesat di bagiangrafik yang tidakmemiliki status tujuan dan tidakpernahkembali

>Tidak Optimal

-Mungkinmenemukantujuan yang tidak optimal terlebihdahulu

>Kompleksitas Waktu = O (bm)

>Kompleksitas Ruang = 0 (bm) 

- Dengan m adalahpencariankedalamanmaksimum

Algoritma DLS

> DFS dengan area pencariankedalamanterbatas

>Memperbaikimasalahpohontakterbatasuntuk DFS

>Jelajahisemua node anak - baikdicentangatautidak

Kinerja DLS

>Selesai if d

>Tidak Optimal

>Kompleksitas Waktu = 0 (b)

>Kompleksitas Ruang = 0 (bl)

- Denganadalahpencariankedalamanmaksimum

Iterative-Deepening Search (IDS)

> BFS → lengkap dan optimal

> DFS → kompleksitasruangrendah

> DLS → pertanyaan "seberapadalam?" 

> IDS menggabungkan BFS dengan DFS / DLS

> IDS lengkap, optimal, kompleksitasruangrendah

>Kelemahan: Kompleksitas Waktu meningkat

IDS Algorithm

>Memanggilberulang kali algoritma DLS daridepth = 0 hinggamenemukantujuan

Kinerja IDS

>Selesai

> Optimal

>Kompleksitas Waktu = 0 (bd)

>Kompleksitas Ruang = 0 (bd)

Uniform Cost Search (UCS)

> BFS menggunakanurutan level dari yang terendahhinggatertinggi. 

> UCS menggunakanurutanbiayadari yang terkecilsampai yang terbesar. 

> UCS mencarisolusidenganbiaya total terendah yang dihitungberdasarkanbiaya node asalke node tujuan. 

> G (n) = biaya node asalke node n.

Performa UCS

>Lengkap

> Optimal

>Kompleksitas Waktu = 0 (bd)

>Kompleksitas Ruang = 0 (bd)

Pencarianduaarah (BDS)

>Pencarianmaju (dariawalawalketujuan) dan pencarianmundur (daritujuankeawal). 

> Ketika duapencarianmencapai node yang sama, makasolusinyatelahditemukan. 

>Gabungkanduajalur.

Performa BDS

>Lengkap

> Optimal

>Kompleksitas Waktu = 0 (bd/2)

>Kompleksitas Ruang = 0 (bd/2)

Masalahdengan BDS

>Pencarianduaarahkelihatannyamenarikkarenakinerjanya0 (bd/2), tetapitidaksemudahitu, terutama pada bagianimplementasi. 

- Require Reversal Operator

>Tidaklahmudahuntukmerumuskanmasalahsedemikianrupasehinggasetiap state dapatdibalik, yaituberpindahdari head ke tail sepertiberpindahdari tail ke head.

 - Tidaksemua operator bisadibalik

Masalahdengan BDS

> Harus selalumengujiapakah node yang barudihasilkantelahdimunculkandenganmencari di arah yang berlawanan

>Rentanjikaadabeberapa node tujuan yang berbeda

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 3 PERANTI MASUKAN (Input Device)

Lirik lagu dan kord gitar pernah singgah-Akbar algifari

KECERDASAN BUATAN 8,9,10,11