KECERDASAN BUATAN RANGKUMAN 4,5,6,7
Blind (Uninformed) Search
Secara garis besartebagimenjadi:
- Breadth-First Search (BFS)
- Depth-First Search (DFS)
- Depth-Limited Search (DLS)
- Iterative-Deepening Search (IDS)
- Uniform Cost Search (UCS)
- Bi-Directional Search (BDS)
Ruang Pencarian
>Perhitunganruangpencarian:
- Faktorpercabangan (b)
- Kedalamansolusi (d)
>Contoh
- 8-Puzzle → b 2.13
- Kubus Rubik → b 13,34
- Rata-rata PermainanCatur b = 35
Breadth-First Search (BFS) Algorithm
>Menjelajahi node tetanggaterlebihdahulu, sebelumpindahketetanggatingkatberikutnya.
> first-in-first-out
>Ingatsemua node yang dikunjungisebelumnya (status)
Kinerja BFS
>Selesai
- pada akhirnyaakanmenemukan status kambing
> Optimal
>Kompleksitas Waktu = 0 (bd + 1)
>Kompleksitas Ruang = 0 (bd+1)
Algoritma DFS
>Perluas node terdalam yang tidakdiperluas
>terakhir-masuk-pertama-keluar
>Hanyaingatjalur yang dikunjungisaatini
>Penundaanmemeriksaapakah node telahditemukansampai node munculdaritumpukandaripadamemeriksasebelummenambahkan node.
Performa DFS
>TidakLengkap
- mungkintersesat di bagiangrafik yang tidakmemiliki status tujuan dan tidakpernahkembali
>Tidak Optimal
-Mungkinmenemukantujuan yang tidak optimal terlebihdahulu
>Kompleksitas Waktu = O (bm)
>Kompleksitas Ruang = 0 (bm)
- Dengan m adalahpencariankedalamanmaksimum
Algoritma DLS
> DFS dengan area pencariankedalamanterbatas
>Memperbaikimasalahpohontakterbatasuntuk DFS
>Jelajahisemua node anak - baikdicentangatautidak
Kinerja DLS
>Selesai if d
>Tidak Optimal
>Kompleksitas Waktu = 0 (b)
>Kompleksitas Ruang = 0 (bl)
- Denganadalahpencariankedalamanmaksimum
Iterative-Deepening Search (IDS)
> BFS → lengkap dan optimal
> DFS → kompleksitasruangrendah
> DLS → pertanyaan "seberapadalam?"
> IDS menggabungkan BFS dengan DFS / DLS
> IDS lengkap, optimal, kompleksitasruangrendah
>Kelemahan: Kompleksitas Waktu meningkat
IDS Algorithm
>Memanggilberulang kali algoritma DLS daridepth = 0 hinggamenemukantujuan
Kinerja IDS
>Selesai
> Optimal
>Kompleksitas Waktu = 0 (bd)
>Kompleksitas Ruang = 0 (bd)
Uniform Cost Search (UCS)
> BFS menggunakanurutan level dari yang terendahhinggatertinggi.
> UCS menggunakanurutanbiayadari yang terkecilsampai yang terbesar.
> UCS mencarisolusidenganbiaya total terendah yang dihitungberdasarkanbiaya node asalke node tujuan.
> G (n) = biaya node asalke node n.
Performa UCS
>Lengkap
> Optimal
>Kompleksitas Waktu = 0 (bd)
>Kompleksitas Ruang = 0 (bd)
Pencarianduaarah (BDS)
>Pencarianmaju (dariawalawalketujuan) dan pencarianmundur (daritujuankeawal).
> Ketika duapencarianmencapai node yang sama, makasolusinyatelahditemukan.
>Gabungkanduajalur.
Performa BDS
>Lengkap
> Optimal
>Kompleksitas Waktu = 0 (bd/2)
>Kompleksitas Ruang = 0 (bd/2)
Masalahdengan BDS
>Pencarianduaarahkelihatannyamenarikkarenakinerjanya0 (bd/2), tetapitidaksemudahitu, terutama pada bagianimplementasi.
- Require Reversal Operator
>Tidaklahmudahuntukmerumuskanmasalahsedemikianrupasehinggasetiap state dapatdibalik, yaituberpindahdari head ke tail sepertiberpindahdari tail ke head.
- Tidaksemua operator bisadibalik
Masalahdengan BDS
> Harus selalumengujiapakah node yang barudihasilkantelahdimunculkandenganmencari di arah yang berlawanan
>Rentanjikaadabeberapa node tujuan yang berbeda
Komentar
Posting Komentar