TUGAS GRAFIKA KOMPUTER

Nama : Akbar algifari

Nim    : 18.01.013.014

MK     : Grafika Komputer

Dosen Pengampuh : Nawassyarif S.kom,M.pd


Klasifikasi Jenis-jenis Font

Kita tahu banyak jenis font dari program komputer. Jenis font merupakan evolusi dari bentuk tulisan tangan. Para ahli menyebutnya proses komputerisasi. Karena perkembangan teknologi komputer, penyusunan huruf menjadi lebih mudah dalam proses pembuatannya. Tidak heran setiap program memiliki begitu banyak font, meskipun ada banyak jenis font, namun tetap dapat diklasifikasikan atau dikategorikan.

  • Roman
  • Egyptian
  • Script

Sifat

– jujur

– baik

– sopan

– tidak sombong

 pada logo diatas menggunakan font forte Reguler dan digabungkan dengan bundaran merah biru

  

Sebutkan jenis font dan kelasnya

  1. Slab serif

font ini lebih banyak digunakan oleh desainer yang bergerak dalam bidang periklanan karena Slab Serif berukuran besar dan tebal sehingga mampu menarik perhatian.

  1. Bodoni

Font Bodoni adalah serangkaian tipografi serif pertama, dirancang oleh Giambattista Bodoni (1740-1813) pada tahun 1798. Font ini diklasifikasikan sebagai Didone modern. Bodoni mengikuti ide dari John Baskerville, seperti yang ditemukan dalam tipe pencetakan Baskerville, yang kontras dan stroke meningkat, lebih vertikal sedikit pekat, huruf besar, tetapi membawa mereka pada akhir yang lebih ekstrim

    positif dan negatifnya


Slab serif =>
  • positifnya: Font ini banyak digunakan pada papan iklan, billboard, poster, dan pamflet karena karakteristiknya yang mudah dibaca dalam ukuran besar. Dengan demikian, orang yang membacanya dari jarak jauh bisa memahami maksud tulisan tersebut. 
  • Negatifnya: jenis ini muncul pada tahun 1816 sebagai Display Type dan sangat tidak populer di masyarakat karena pada saat itu tidak trendy sehingga dinamakan Grotesque yang artinya lucu atau aneh. 
 
Bodoni = >
  • positifnya: Bodoni memiliki karir yang panjang dan desainnya berevolusi dan berbeda, berakhir dengan struktur huruf yang sempit dan datar, serif unbracketed, kontras ekstrem antara stroke tebal dan tipis, dan konstruksi geometris secara keseluruhan.  
  • Negatifnya: Kelompok typeface ini hampir menghilangkan sifat ukiran/tulisan tangan pendahulunya.

 

 





ANALISA LOGO SIMBOL OVAL Bentuk oval merupakan simbol ikatan persaudaraan yang kuat, dinamis, serta bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan konsumen produk ini. – PLUS (PALANG MERAH) Lambang ini mengartikan bahwa produk ini adalah produk yang menjamin tentang kesehatan tubuh.  WARNA – MERAH Warna merah pada logo ini memberikan arti kuat dan hangat. Hangat maksudnya ramah untuk keluarga. Dan kuat maksudnya kuat untuk menjaga kesehatan. – PUTIH Warna putih pada logo ini memberikan arti murni, tanpa campuran bahan apapun yang membahayakan tubuh dan kesehatan. – SILVER Warna silver pada logo memberikan gambaran metal yang memberikan arti pertahanan yang kuat. E. Garuda Indonesia
Logo tersebut juga memiliki arti yaitu, Kepala Burung Garuda melambangkan lambang Negara Republik Indonesia. Dan Bulu Sayap melambangkan Pancasila yang menjadi ideologi bangsa Indonesia kemudian warna Biru yang digunakan Garuda Indonesia melambangkan Langit Angkasa 2. Jarak pandang A. Wonderful Indonesia Analisa jarak pandang : Wonderful indnesia merupakan brand yang sering kita jumpai bahkan stikernya banyak terdapat di mobil-mobil, hingga jika diperhatikan, brandnya masih terlihat hingga jarak kurang lebih 8-10 Meter. B. AQUA Analisa jarak pandang : Brand Aqua sering dijumpai di botol atau air gelas dari produk Aqua sendiri, jika diperhatikan jarak pandangnya bisa sampai 4-5 Meter. C. Indomie Analisa jarak pandang : Brand indomie sering dijumpai pada Mie Instan dari produk indomie sendiri, jika diperhatikan jarak pandangnya bisa sampai 4-5 Meter. D. Lifebuoy Analisa jarak pandang : Brand Lifebuoy sering terdapat pada produk sabun hingga jarak pandangnya hanya sampai kurang lebih 1-2 Meter. E. Garuda Indonesia Analisa jarak pandang : Brand Garuda Indonesia bisa kita jumpai di bandara, hingga jika diperhatikan, jarak pandangnya bisa sampai kurang lebih 30-35 Meter. 3. Analisis apakah dalam sekali pandang langsung mengerti ? A. Wonderful Indonesia Hasil analisa : Menurut saya, brand Wonderful Indonesia sangat mudahdikenali dalam sekali pandang karena bentuknya yang unik menggambarkan seekor burng yang merentangkan sayap dan menggunakan lima warna yang mencolok. B. AQUA Hasil analisa : Menurut saya, brand Aqua mudah dikenali dalam sekali pandang karena tidak sedikitnya masyarakat yang membeli produk ini untuk diminum. C. Indomie Hasil analisa : Menurut saya, brand Indome ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat bahkan sampai luar negeri, oleh karena itu brand ini mudah dikenali dalam sekali pandang. D. Lifebuoy Hasil analisa : Menurut saya, brand ini mudah dikenali dalam sekali pandang karena warna merah yang mencolok ditambah lagi dengan simbol Plus yang menambah arti dalam brand tersebut. E. Garuda Indonesia Hasil analisa : Menurut saya, logo ini sudah sangat terkenal hingga luar negeri hingga dalam sekali lihat saja masyarakat langsung mengenalinya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 3 PERANTI MASUKAN (Input Device)

Lirik lagu dan kord gitar pernah singgah-Akbar algifari

KECERDASAN BUATAN 8,9,10,11