KECERDASAN BUATAN

 

Nama                    : Akbar Algifari

NIM                       : 18.01.013.014

 

Review Jurnal Kecerdasan Buatan

 

 

NO

Judul penelitian (journal)

Metode yang di gunakan

Kekurangan aplikasi/ metode yang di gunakan

Kelebihan aplikasi/ metode yang di gunakan

Hasil penelitian

1

Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline

kualitatif- deskriptif  

Aplikasi : kurang dekenal oleh masyarakat karena kurangnya ilmu pengetahuan

 

Metode : unsur subjektivitas yang kuat beresiko mengurangi objektivitas hasil penelitian

Aplikasi : dapat diakses secara offline

 

Metode : data lebih detail dan realistis terhadap dunia sosial

Implementasi teknologi AI dalam dunia pendidikan di SD se Kota Bantul dilakukan dengan durasi kurang lebih selama 6 bulan untuk mengetahui pengaruh implementasi AI di dunia pendidikan. Maka dapat dilakukan evaluasi apakah teknologi semacam ini memang benar-benar dapat diterapkan ke dunia pendidikan terutama pada jenjang SD. Kedua, apakah siswa benar-benar siap dengan integrasi teknologi AI ini terutama dalam dunia pendidikan, atau justru kedua bidang ini berjalan pada ranahnya masing-masing tidak mampu saling bersinergi.  

 

2.

Kecerdasan buatan dalam program chatting untuk merespon emosi dari teks Berbahasa Indonesia menggunakan teks mining dan    naïve bayes 

Deskriptif

Aplikasi : Pada proses klasifikasi teks, yakni masih terdapat beberapa error yang mungkin terjadi.

 

Metode : Proses klasifikasi text mining sangat bergantung kepada banyaknya jumlah dan variasi data training yang digunakan

Aplikasi : dapat memunculkan emosi sesuai dengan kosakata yang ada di kamus

 

Metode : Semakin banyak jumlah kata kunci dalam kamus kelas, semakin kecil pula nilai persentase error yang akan muncul.

Hasil dari ujicoba terhadap data traing didapatkan nilai error sebesar 18%. Nilai error besar karena terdapat missing value serta pengkategorian dari data learning yang sedikit serta banyaknya contoh kata yang menyebar di lebih dari satu kelas dengan kemunculan yang juga besar.

3.

Implementasi Artificial Intelligence pada Game Defender of Metal City dengan Menggunakan Finite State Machine

Finite State Machine

Aplikasi : AI yang memiliki tingkat kemungkinan tindakan random yang rendah akan lebih kuat daripada AI yang memiliki kemungkinan tindakan random yang lebih tinggi.

 

Metode : kondisi untuk transisi state tetap

Aplikasi : AI yang terbentuk telah sesuai dengan tingkat kesulitannya, dimana AI yang lebih susah akan memiliki kemungkinan kemenangan yang lebih besar.

 

Metode : Penggunaan Finite State Machine dalam game berjenis tower defense yang dikombinasikan dengan strategi untuk menang dan aturan game dapat membentuk AI yang kuat.

Berdasarkan hasil pengujian Finite State Machine dapat diterapkan pada game berjenis tower defense dengan baik untuk membentuk AI yang kuat.  

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 3 PERANTI MASUKAN (Input Device)

Lirik lagu dan kord gitar pernah singgah-Akbar algifari

KECERDASAN BUATAN 8,9,10,11