KECERDASAN BUATAN
Nama : Akbar Algifari
NIM : 18.01.013.014
Review Jurnal Kecerdasan Buatan
NO |
Judul
penelitian (journal) |
Metode yang di
gunakan |
Kekurangan
aplikasi/ metode yang di gunakan |
Kelebihan aplikasi/
metode yang di gunakan |
Hasil penelitian |
1 |
Implementasi
Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan
Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline |
kualitatif-
deskriptif |
Aplikasi : kurang
dekenal oleh masyarakat karena kurangnya ilmu pengetahuan Metode : unsur
subjektivitas yang kuat beresiko mengurangi objektivitas hasil penelitian |
Aplikasi : dapat
diakses secara offline Metode : data lebih
detail dan realistis terhadap dunia sosial |
Implementasi
teknologi AI dalam dunia pendidikan di SD se Kota Bantul dilakukan dengan
durasi kurang lebih selama 6 bulan untuk mengetahui pengaruh
implementasi AI di dunia pendidikan. Maka dapat dilakukan evaluasi apakah
teknologi semacam ini memang benar-benar dapat diterapkan ke dunia pendidikan
terutama pada jenjang SD. Kedua, apakah siswa benar-benar siap dengan
integrasi teknologi AI ini terutama dalam dunia pendidikan, atau justru kedua
bidang ini berjalan pada ranahnya masing-masing tidak mampu saling
bersinergi. |
2. |
Kecerdasan buatan
dalam program chatting untuk merespon emosi dari teks Berbahasa Indonesia
menggunakan teks mining dan naïve bayes |
Deskriptif |
Aplikasi : Pada
proses klasifikasi teks, yakni masih terdapat beberapa error yang mungkin
terjadi. Metode : Proses
klasifikasi text mining sangat bergantung kepada banyaknya jumlah dan variasi
data training yang digunakan |
Aplikasi : dapat
memunculkan emosi sesuai dengan kosakata yang ada di kamus Metode : Semakin
banyak jumlah kata kunci dalam kamus kelas, semakin kecil pula nilai
persentase error yang akan muncul. |
Hasil dari ujicoba
terhadap data traing didapatkan nilai error sebesar 18%. Nilai error besar
karena terdapat missing value serta pengkategorian dari data learning yang
sedikit serta banyaknya contoh kata yang menyebar di lebih dari satu kelas
dengan kemunculan yang juga besar. |
3. |
Implementasi
Artificial Intelligence pada Game Defender of Metal City dengan Menggunakan
Finite State Machine |
Finite State
Machine |
Aplikasi : AI yang
memiliki tingkat kemungkinan tindakan random yang rendah akan lebih kuat
daripada AI yang memiliki kemungkinan tindakan random yang lebih tinggi. Metode : kondisi
untuk transisi state tetap |
Aplikasi : AI yang
terbentuk telah sesuai dengan tingkat kesulitannya, dimana AI yang lebih
susah akan memiliki kemungkinan kemenangan yang lebih besar. Metode : Penggunaan
Finite State Machine dalam game berjenis tower defense yang dikombinasikan
dengan strategi untuk menang dan aturan game dapat membentuk AI yang kuat. |
Berdasarkan hasil
pengujian Finite State Machine dapat diterapkan pada game berjenis tower
defense dengan baik untuk membentuk AI yang kuat. |
Komentar
Posting Komentar